PROFIL KAMI


TERAS KITA

APA “TERAS KITA” ITU?
“Teras Kita” merupakan nama dari perkumpulan Mahasiswa yang sering mengasah intelektual dengan cara kongkow membincangkan kajian ilmiah. Pada awalnya, istilah “Teras Kita” terilhami oleh cuilan “nama” para anggotanya. Makna filosofinya pun sangat sederhana. “Teras” menunjuk kepada nama “tempat” yang sering digunakan untuk melakukan obrolan. Dari rumah ke rumah, dari teras ke teras, dan dari satu tempat ke tempat lain, mengilhami anggota “Teras Kita” untuk melahirkan tittle “Teras” sebagai background gerakan. Kata “Kita” menggambarkan bahwa komunitas mahasiswa yang tergabung dalam “Teras Kita” non eksklusif alias “untuk umum”. Siapa pun bisa dan boleh berpartisipasi. Kami menunggu Anda yang menyukai dialektika wacana untuk bergabung.

SEJARAH “TERAS KITA”
Berangkat dari refleksi panjang terhadap kondisi mahasiswa kontemporer yang semakin hari semakin meninggalkan kultur ilmiahnya, kita (beberapa mahasiswa) yang masih “peduli” dan “perhatian” terhadap fenomena tersebut menggagas sebuah komunitas. Forum ini (awalnya) ajang pembelajaran, pelatihan, penuangan ide gagasan, dan kajian ilmiah mahasiswa sebagai ikhtiar untuk menjawab permasalahan bangsa melalui sektor Perguruan Tinggi.

Dari obrolan ringan via mulut ke mulut, diskusi kecil-kecilan (tanpa mengurangi kualitas bahan rumpian) di parkiran kampus Institut Islam Nahdlatul Ulama’ (INISNU) Jepara, ternyata berhasil menciptakan pergolakan pemikiran (meminjam istilah dari Ahmad Wahib) yang akhirnya memunculkan konklusi alternatif atas berbagai problematika yang dialami mahasiswa. Bahkan lambat laun, perbincangan asyik ini merambah pada tema-tema umum (tentunya masih dalam konteks kemahasisswaan), sehingga memotivasi kita untuk bangkit menyadarkan mahasiswa lain supaya bangun dari tidur panjangnya. Lelap mereka (tanpa diskusi, pelatihan, seminar, symposium, loka karya, dan karakteristik dunia akademik lainnya yang sarat dengan rasionalitas dan intelektualitas) sudah terlalu lama. Keadaan ini menumpulkan kreatifitas kita sebagai agent of change sehingga stagnasi keilmuan terus membeku, terkungkung dalam kubangan lumpur hitam apatisme, hedonisme, dan pragmatisme.

Instan dan langsung ada hasil. Paradigma ini telah mengkristal dalam mindset mayoritas mahasiswa saat ini. maka, jangan heran jika kompetensi lulusan perguruan tinggi dianggap meragukan karena tidak siap menghadapi realitas sosial pasca wisuda. Apa lagi jika boleh ngomong kasar (dan memang harus dipubilkasikan), sarjana zaman sekarang tak ubahnya seperti durian karbitan (aromanya menggoda, namun isinya menipu). Mahasiswa plagiator yang semakin marak, skripsi bajakan merajalela, dan jual beli elit pendidikan tinggi (rektorat) dalam menyeleksi mahasiswa baru, sudah cukup menjadi bukti untuk menunjukkan kebobrokan civitas kampus. Sangat logis, ketika kita berkoar; “Kampus (meskipun tidak semuanya) hanya menjadi kandang untuk memproduksi dan melestarikan kader mahasiswa oposan”. Pembodohan (ter)sistematis ini perlu dibongkar. Kalau tidak kita, siapa lagi?

Sadar akan hal di atas, lahirlah “TERAS KITA” sebagai jawaban. Harapan baru terpancar dari raut muka mahasiswa lugu yang mendambakan orisinalitas pemikiran. Izinkan kita berteriak,: “labih berharga sebutir mutiara kata yang keluar dari pikiran sendiri, dari pada kalung mutiara gagasan yang kita curi dari orang lain”.

Setelah “Pasukan Ngojek” -sebutan familiar bagi anggota “TERAS KITA”-  sudah purna masa studinya, komunitas ini masih eksis dengan menyajikan berbagai catatan ringan sebagai kajian reflektif terhadap realitas sosial.

VISI MISI “TERAS KITA”

Visi “TERAS KITA”
“Terciptanya dinamika budaya intelektual mahasiswa, responsif, dan kreatif”.

Misi “TERAS KITA”
 Menajamkan pisau analisa berpikir
 Membumikan budaya ilmiah
 Membangun kepercayaan diri mahasiswa dalam berdialektika wacana
 Melahirkan ide gagasan kreatif
 Menjalin persahabatan antar anggotanya

Program Kerja “TERAS KITA”
Program kerja komunitas kajian ilmiah ini adalah diskusi ilmiah per pekan. Setiap anggota bertanggung jawab menjadi fasilitator materi secara bergiliran. Selain itu, ada juga yang bertugas sebagai moderator dan notulis. Anggota yang tidak menjadi fasilitator, moderator, dan notulis, berperan sebagai audiens yang bertugas menanggapi dengan pernyataan maupun pertanyaan yang kemudian dibahas bersama. Kewajiban anggota “TERAS KITA” adalah bertanya dan atau menanggapi dalam forum minimal satu kali. Materi pembahasan diserahkan kepada fasilitator sesuai selera dan kemampuannya. Status anggota yang satu dengan yang lainnya adalah sama. Tidak memandang kasta semester, fakultas, ataupun kampus. Tidak ada istilah pintar dan bodoh. Semua bebas berekspresi menumpahkan potensi.

DATA BASE ANGGOTA “TERAS KITA”
Anggota “TERAS KITA” pada saat ini yaitu:

NAMA FAKULTAS SEMESTER PERGURUAN TINGGI
Ahmad Saefudin (Lulus dari Fakultas Tarbiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi PAI Tahun 2010)

Ahmad Anif Syaifudin (Wisudawan Terbaik Fakultas Dakwah INISNU prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Tahun 2013)

Misbakhul Ulum Tarbiyah III Institut Islam NU Jepara (Proses Tugas Akhir;Skripsi)

Edi Susilo (Lulus dari Fakultas Tarbiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi PAI Tahun 2013)

M. Maghfurir Rohman (Lulus dari Fakultas Syariah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi Al-Akhwal al-Syakhsiyyah Tahun 2013)

Much. Zainal Abidin (Alm.) Tarbiyah III Institut Islam NU Jepara (Sahabat kami tercinta yang telah berpulang ke rahmatullah. We love You Forever)

Muhimmatun Nisa’  (Lulus dari Fakultas Tarbiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi PAI Tahun 2013)

Sofiyatul Hanifah (Lulus dari Fakultas Tarbiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi PAI Tahun 2013)

Jazirotul Faida (Lulus dari Fakultas Tarbiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara Prodi PAI Tahun 2013)

Rina Agustina  (Proses Tugas Akhir;Skripsi)

Anisa Rahmanti Tarbiyah VIII Institut Islam NU Jepara

Ahmad Lutfi (Rendi)  (Lulus dari Fakultas Dakwah INISNU prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Tahun 2013)

Nb: silahkan bergabung dengan komunitas kami!

Silahkan kunjungi blog kami dan salurkan komentar, saran, dan kritik Anda di https://teraskita.wordpress.com, email: ahmadsaefudin829@yahoo.com.

Satu pemikiran pada “PROFIL KAMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s