CORETAN KENANGAN


CORETAN KENANGAN

Oleh: Ahmad Saefudin

 

Akhirnya, Ku bisa mulai menulis lagi. Tulisan mahasiswa pascasarjana pra perkuliahan. Tahun 2013 ini, begitu banyak peristiwa yang ku lalui. Setelah tiga tahun melepas baju mahasiswa, Tuhan pun mengizinkanku untuk memakainya lagi. Perantauanku berlanjut dari “Bumi Kartini” Jepara ke “Kota Pendidikan” Yogyakarta. Dari pesisir Pantai Utara (pantura) ke pesisir Pantai Selatan.

Jepara tidak akan terlupa. Di sana, balutan kisah perjalanan hidup terbungkus rapi. Terbawa lekat sampai nafas ini lepas dari jiwa. Di sana pula, sahabat-sahabat terbaikku berada. Masih terngiang jelas dalam benak. Sehari sebelum pergi, mereka menyiapkan acara sederhana sebagai bukti dari rekatan kuat tali persahabatan. Tumpahan kesan dan pesan terakhir  dari mereka terhadap diriku, silih berganti menemani pertemuan sore itu di Pantai Mpu Rancak, Mlonggo Jepara. Suasana akrab nan hangat. Canda, tawa, dan linangan air mata. Bercampur aduk dengan mesra. Hingga purnama tiba. Gelombang laut ikut menyahut, menyaksikan kisah perpisahanku dengan mereka. Hingga akhirnya ku berucap, “Sampai jumpa kawan! Kalian selalu kurindu!”

Jepara sudah menjadi bagian dari masa laluku. Kini, Yogyakarta penggantinya. Tantangan baru menghadang. Seperti biasa, akan kuterjang lantang. Bersama dengan semangat sahabat-sahabat yang kutinggalkan. Kita akan bertemu lagi kawan!

 

Nb. Catatan awal dariku di Pintu Masuk Masjid Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 24 Agustus 2013. Pukul 18.47 WIB

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s