STATEMENT OF PURPOSE


STATEMENT OF PURPOSE

Saya adalah alumni Sarjana Strata 1 dari Fakultas Tarbiyah pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Selama menempuh pendidikan pada Program Studi tersebut, secara metodologis maupun konten materi, masih banyak yang harus dipelajari, terutama yang berkaitan dengan basis teori dan implementasi PAI di satuan pendidikan formal. Untuk itulah, saya ingin melanjutkan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Islam (S2) konsentrasi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Alasan memilih program tersebut antara lain: pertama, di samping mempertahankan linearitas sesuai dengan disiplin ilmu yang saya tempuh pada Program Starata 1, juga karena dorongan pematangan intelektual sebagai upaya pemenuhan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Kedua, untuk memperkuat daya tawar (bargaining power) di tengah persaingan yang kompetitif di dunia pendidikan. Ketiga, kultur akademik Yogyakarta sebagai “Kota Pendidikan” dengan ratusan kampus yang menghiasinya, menjadi gairah baru bagi saya untuk menjelajahi berbagai forum intelektual yang tidak akan saya dapatkan di kota lain. Keempat, saya ingin mematahkan mitos di kampung, yang berpandangan bahwa orang kampung tak patut mengenyam pendidikan formal yang tinggi (sampai pascasarjana) karena toh  pada ujungnya akan kembali nyawah.

Sejak lulus Strata 1, saya bekerja sebagai tenaga pendidik pada institusi pendidikan swasta di pinggiran “Kota Ukir”, Jepara Jawa Tengah. Meskipun alumni Program Studi PAI, namun, kebutuhan obyektif kelembagaan memaksa saya untuk bergelut dengan materi pembelajaran di luar disiplin keilmuan PAI. Saya didaulat untuk mengampu mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Pendidikan Kwarganegaraan (PKn). Perspektif Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional, saya menyadari jika peran dan tanggung jawab ini jauh dari kesan profesional. Tapi, itulah realitas yang harus saya -dan sarjana alumnus Program Studi PAI secara umum-  hadapi. Oleh karena itu, asa besar tertancap ketika saya memutuskan untuk melanjutkan studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, salah satu universitas terbaik yang dipunyai Indonesia. Asa manusia kampung yang ingin selalu bergerak progresif.

Setelah menyelesaikan program studi ini, saya akan mengabdikan diri di masyarakat yang membutuhkan jasa dan tenaga saya sambil menunggu kesempatan berikutnya untuk melakukan studi lanjut pada program yang sama.

Demikian statement of purpose ini saya buat agar diketahui pihak-pihak terkait demi kelancaran studi pada Program Studi Pendidikan Islam (S2) konsentrasi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Sunan Kalijaga

Jepara, 11 Juni

Ahmad Saefudin, S.Pd.I

Tinggalkan Balasan

